yunike.2 photo picasion.com_79215d19aa4abea91eebceb1e485c23b_zps8uwzzxj5.gif

Sering Marah Berdampak Pada Kesehatan

Sering-Marah-Berdampak-Pada-Kesehatan

OPINI > Sering Marah Berdampak Pada Kesehatan, Ketika kita marah tubuh kita akan mempersiapkan diri untuk "fight or flight", reaksi ini akan melibatkan hormon stres, salah satunya pelepasan hormon Andrenaline yang pada gilirannya akan memacu detak jantung, tekanan darah,suhu tubuh dan nafas kita tidak bekerja dengan bebas.

Reaksi ini relatif akan berjalan sebentar, namun apabila reaksi tersebut sering-sering terjadi tanpa bisa kita kendalikan, jangka panjangnya akan mengakibatkan terganggunya sistem cara kerja jantung kita.

Sering marah berdampak pada kesehatantekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan insomnia adalah beberapa masalah kesehatan akibat kemarahan yang tidak bisa kita kontrol. Hal ini karena akibat kemarahan berkepanjangan menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita terganggu dan melemah, dan tubuh kita lebih mungkin terserang berbagai penyakit dan kurang mampu untuk pulih dari penyakit.

Kemarahan tidak hanya berbahaya untuk kesehatan kita, tapi juga bisa menimbulkan masalah  bagi orang disekitar kita. Kemarahan sering di ekspresikan sebagai agresi fisik atau verbal. 
Kita mungkin akan mengeluarkan komentar atau melakukan hal yang berlebihan dan yang pada akhirnya mendatangkan penyesalan.

Beberapa orang mungkin berpendapat menggunakan alkohol dan obat-obatan untuk mengatasi kemarahannya dan hal ini bisa membuat kita merasa bebas, tapi kenyataanya tidak seperti itu, yang pasti komentar miring dan menyedihkan dari teman atau keluarga yang kita dapat.

Sebaiknya mulai sekarang kita harus belajar berusaha mengendalikan kemarahan kita, karena sudah banyak blog atau situs yang menulis tentang dampak buruk pada kesehatan akibat sering marah.

0 komentar:

Posting Komentar