yunike.2 photo picasion.com_79215d19aa4abea91eebceb1e485c23b_zps8uwzzxj5.gif

Orang Yang Tertipu Oleh Dirinya Sendiri

Orang-Yang-Tertipu-Oleh-Dirinya-Sendiri

 OPINI.  Orang Yang Tertipu Oleh Dirinya Sendiri, Menipu adalah pekerjaan yang tidak terpuji dan semua orang pasti tidak mau kalau dikatakan sebagai penipu, karena menipu selain dianggap perbuatan tidak terpuji juga semua agama melarang umatnya melakukan perbuatan menipu.

Perbuatan menipu biasanya disadari sipelaku bahwa dia sedang menipu, artinya sipelaku sadar betul bahwa yang diperbuat saat itu adalah tidak benar dan larangan agama, dan sipelaku saat itu berusaha keras jangan sampai perbuatanya itu diketahui orang lain, tapi ada perbuatan menipu yang tidak disadari oleh sipelaku yaitu pada saat menipu diri sendiri.

Biasanya perbuatan menipu diri sendiri itu berkedok kebaikan, sipelaku tidak sadar bahwa perbuatan yang dianggap baik itu adalah perbuatan menipu diri sendiri, kebalikan dari perbuatan menipu pada orang lain, perbuatan menipu pada diri sendiri yang berkedok kebaikan itu sering kali malah diceritakan pada orang lain.

Karena berkedok kebaikan, jarang sekali orang mengerti bahwa orang tersebut sedang menipu diri sendiri.

Untuk mengetahui bahwa ada orang yang sedang tertipu oleh dirinya sendiri kita harus banyak belajar dan selalu jujur pada diri sendiri dalam situasi dan kondisi apapun, perbuatan yang harus selalu jujur pada diri sendiri ini memang berat, kalau memang kita berbuat salah, diketahui atau tidak diketahui orang lain, kita harus mengakui bahwa perbuatan kita itu salah.

Berikut adalah contoh sederhana Orang Yang Tertipu Oleh Dirinya Sendiri, Ada suatu kejadian, seorang anak menangis karena minta pada orang tuanya untuk dibelikan soto ayam yang kebetulan lewat didepan rumahnya tapi tidak dituruti, kalau ada orang lain bertanya kenapa? dalihnya macam-macam.

Suatu saat di malam hari anaknya minta nasi goreng yang harganya satu porsi cukup mahal karena nasi goreng tersebut memang enak rasanya, si orang tua berangkat juga biarpun harganya mahal dan tempatnya cukup jauh.

Ditengah perjalanan ketemu temanya, “mau kemana malam-malam begini kok pergi” tanya temannya, si orang tua menjawab bahwa dia pergi dimalam hari karena sayang sama anaknya untuk memenuhi permintaannya membelikan nasi goreng. Sayang betul orang tua ini sama anaknya, demi anaknya biarpun malam hari berangkat juga untuk membeli nasi goreng, "pikir sang teman"

Kenapa si orang tua mau membelikan anaknya nasi goreng yang cukup mahal dan tempatnya cukup jauh itu? Ternyata si orang tua tidak menyadari bahwa dia mau berangkat dimalam hari membeli nasi goreng karena si orang tua tersebut juga suka dengan nasi goreng, si orang tua tidak sadar perbuatannya yang katanya demi anaknya itu adalah untuk dirinya sendiri, makanya biarpun malam hari dan tempatnya cukup jauh dia berangkat juga, coba bandingkan pada waktu anaknya minta soto, si orang tua tidak mau membelikan karena si orang tua tidak suka dengan soto.

Dari cerita diatas jelas si orang tua telah tertipu oleh dirinya sendiri yang sama artinya dengan menipu diri sendiri, karena jelas si orang tua mau  menuruti keinginan sang anak karena hawa nafsunya.

Kasus diatas hanyalah sebuah contoh yang sangat sederhana, banyak lagi kasus-kasus lain yang garis besarnya hampir sama dengan kasus diatas.



# Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Orang Yang Tertipu Oleh Dirinya Sendiri, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar