yunike.2 photo picasion.com_79215d19aa4abea91eebceb1e485c23b_zps8uwzzxj5.gif

Perang Waterloo Akhiri Kejayaan Napoleon Bonaparte

ahli,sejarah,berpendapat,Perang Waterloo Akhiri Kejayaan Napoleon Bonaparte

OPINI > Perang Waterloo Akhiri Kejayaan Napoleon Bonaparte, Waterloo adalah tempat di Belgia yang takan dilupakan oleh Kaisar Prancis, Napoleon Bonaparte. Bukan kenangan indah yang dia dapatkan namun sebuah kejadian tragis yang mungkin akan menghantuinya sepanjang hidupnya.
Di tempat itu Napeleon kalah perang dari Duke of Wellington. Tidak hanya menyerah, tapi jaman  kejayaan Napeleon resmi berakhir setelah perang Waterloo.

Menurut beberapa catatan sejarah, Napoleon yang saat itu didukung oleh 72 ribu tentara Prancis keliru menerapkan stretegi perangnya. Rencananya menyerang menunggu sampai tengah hari menyebabkan tentara Duke of Wellington punya banyak waktu untuk berpikir bagaimana agar bisa  mengatasi serangan Napoleon.

Benar saja pertahanan pasukan Duke of Wellington semakin kuat. Saat pasukan Napoleon Bonaparte lengah dan kelelahan mereka melencarkan serangan yang sangat dahsyat.
Napoleon Bonaparte pun menelan pil pahit. Setelah gagal menginvasi Rusia kekealahan ini berujung dirinya turun dari tahta dan diasingkan dari negaranya.

Saat masih berkuasa di Prancis Napoleon Bonaparte merupakan sosok yang sangat ditakuti baik kawan maupun lawan. Menyandang gelar Kaisar dia berkeinginan mengubah Prancis.

Sejak awal berkuasa ia tak ingin menjadi penerus dari rezim lama, yang diruntuhkan seiring terpenggalnya kepala Raja Louis XVI dan gegap gempita teriakan "Vive la Nation! Vive la République!" Hidup Republik!

"Menjadi raja adalah mewarisi ide lama dan silsilahnya. Aku tak ingin jadi penerus dari siapa pun," kata Napoleon, menjelaskan mengapa ia ingin menjadi kaisar, bukan raja Prancis. Sebaliknya, ia menolak ide-ide republik. Demikian dikutip dari History Chanel, This Day In History

Pada tanggal yang sama pada 1936, seorang pria Kenya lahir kedunia. Pria bernama Barack Obama Sr yang notabene merupakan ayah dari Presiden AS Barack Obama Jr.Selain itu juga pada tanggal yang sama tahun 1989, Birma resmi berubah nama menjadi Myanmar. Perubahan ini dilakukan oleh Pemerintah Junta Militer yang telah lama berkuasa. 

0 komentar:

Posting Komentar